Beranda | Artikel
Ada Apa dengan Remaja
Selasa, 2 Mei 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Ada Apa dengan Remaja merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Ada Apa dengan Remaja. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 20 Ramadhan 1444 H / 11 April 2023 M.

Kajian Tentang Ada Apa dengan Remaja

Pada kajian kali ini kita akan membahas sebuah buku yang masih berkaitan dengan pendidikan anak. Yaitu buku yang berjudul “Ada Apa dengan Remaja?” Sub judulnya adalah “Membangun interaksi positif dengan remaja.” Jadi objek bahasan kita pada kali ini adalah anak remaja.

Terkadang waktu berjalan sangat cepat. Tiba-tiba saja anak kita sudah remaja. Tentunya memperlakukan mereka berbeda dengan memperlakukan anak kecil. Banyak orang tua yang tidak menyadari bahwasanya anaknya bukan anak-anak lagi. Tapi dia masih memperlakukannya seperti kanak-kanak. Ini tentunya keliru.

Maka orang tua juga harus mengetahui perkembangan anak. Karena manusia itu tumbuh besar. Secara fisik, mental dan cara berpikir pun berubah. Tidak bisa disamakan antara anak-anak dengan remaja.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengklasifikasikan usia anak. Nabi menyebutkan angka. Seperti hadits “Suruhlah anak-anakmu mengerjakan shalat di usia 7, pukul mereka kalau tidak mengerjakannya di usia 10 tahun.”

Pemberian hukuman kepada anak baru layak diberikan di usia 10 tahun. Ada apa dengan usia 10 tahun ini? Di usia 10 tahun itu anak sudah mulai nampak kematangan akalnya. Seiring dengan usia baligh yang dia akan alami. Terjadi perubahan-perubahan pada dirinya. Ini adalah masa awal remaja.

Artinya adalah orang tua harus tahu dan mengerti bagaimana menghadapi anak remaja.

Kita semua menghadapi masalah yang sama. Yaitu masalah anak yang tidak ada habisnya. Tapi banyak dari kita kadang-kadang berusaha untuk menghindari dan mengabaikannya seolah-olah tidak ada masalah.

Maka solusinya adalah kita harus belajar. Karena segala sesuatu harus didasari dengan ilmu, bukan asal-asalan lalu melakukan sesuatu tanpa pedoman ilmu.

Banyak remaja tidak konek lagi dengan orang tuanya. Mungkin orang tuanya juga tidak mengerti bagaimana melakukan pendekatan kepada anak remaja. Atau orang tua merasa anaknya sudah besar sehingga dibiarkan saja? Atau menganggap anak remaja gemar menyulut pertengkaran dan keributan?

Disinilah orang tua sebenarnya harus hadir di samping mereka dan bisa menempatkan diri sebagai orang tua. Karena anak remaja perlu sosok orang tua.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52904-ada-apa-dengan-remaja/